Cara Tercepat Mengetahui Madu Asli dan Campuran (Palsu) Dengan Mudah



Madu, komoditas favorit semua umat karena rasa manisnya yang menggoda. Namun, waspadalah sebelum membeli madu. Banyak pedagang nakal yang menjual madu palsu. Tentu itu menurunkan khasiat dan manfaatnya. Tidak perlu khawatir, karena sudah ada cara tercepat mengetahui madu asli dan campuran dengan mudah. Bagaimana caranya? Tetap terus baca artikel ini sampai habis.

Madu Palsu Berbahaya?


Jika ditanyakan apakah madu palsu itu berbahaya untuk dikonsumsi, maka jawabannya pasti iya. Karena sesuatu yang palsu memiliki dampak buruk untuk tubuh jika dikonsumsi. Kandungan di dalam madu palsu sudah tidak sesuai lagi isi dan volumenya. Menurut pendapat para ahli, bahaya madu palsu yang dapat dirasakan oleh anda adalah:


  • · Gangguan pencernaan
  • · Diabetes
  • · Penyakit ginjal dan kanker

Cara Membuat Madu Palsu

Saat ini orang-orang semakin pintar memalsukan. Bahkan sudah terdapat cara membuat madu palsu. Cara ini terbagi berdasarkan tiga kategori, antara lain:

· Volume
Pemalsuan madu ini adalah dengan cara menambahkan volume madu asli dengan madu palsu. Contohnya mencampurkan gula buatan ke madu, kemudian diaduk hingga merata. Akibatnya rasa madu ini bisa terlalu manis. Anda bisa terkena diabetes dan penyakit ginjal jika terus mengonsumsinya.


· Mutu
Pemalsuan madu ini dengan cara merusak susunan madu asli, biasanya kandungan airnya. Caranya adalah dengan memanaskan madu asli, sehingga kandungan air nya menurun. Namun pemanasan ini dapat merusak kandungan gizi pada madunya karena suhu. Bahkan buruknya bisa saja tidak ada lagi kandungan gizinya. Pun semakin berbahaya karena dipanaskan di dalam panci, akan tercampur dengan bahan pancinya yang mengandung racun.

· Menyeluruh
Ini adalah cara pemalsuan yang terparah. Karena pemalsuan ini tidak menggunakan madu asli sama sekali dalam proses pembuatannya. Biasanya dibuat dari rebusan gula yang dikentalkan, dicampur dengan pemanis buatan dan bahan lain., lalu dikemas dalam botolan sehingga mirip seperti madu asli.

Cara Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Licik sekali ya cara memalsukan madu tersebut. Anda boleh kesal, tetapi juga harus tetap dingin untuk memikirkan solusi menghadapinya. Tenang, dalam artikel ini kami akan memberitahu cara menguji keaslian madu.  Ini adalah cara tercepat mengetahui madu asli dan campuran yang mudah untuk anda lakukan sendiri.

· Membakar Madu
Cukup dibakar saja, kemudian terlihat madu palsu tidak akan bisa dibakar. Namun cara ini kurang efektif apabila madunya dicampur spiritus atau campuran airnya hanya sedikit

· Mengocok
Kocoklah botol yang berisi madu. Madu asli akan mengeluarkan buih dan mendorong tutupnya untuk terbuka, sedangkan yang palsu bahkan tidak berbuih sama sekali.

· Mencampurkan Dengan Air
Ini adalah salah satu cara sederhana menguji keaslian madu. Anda tinggal menyiapkan segelas air mineral di gelas kaca. Kemudian anda masukkan madu ke dalamnya dan diaduk hingga merata. Ciri ciri madu palsu biasanya akan larut dalam air, sedangkan yang asli tidak larut sepenuhnya

· Membekukan Madu
Anda hanya perlu meletakkanya di dalam freezer. Madu yang palsu akan membeku, sedangkan yang asli tidak karena kadar airnya yang sedikit.
· Tes Dengan Kertas
Anda tinggal menuangkan madu ke kertas, lalu ditunggu selama 5 menit. Madu asli tidak akan menyebabkan kertas bolong karena kandungan airnya sedikit. Sedangkan madu palsu akan merusak kertas tersebut. Namun cara ini kurang efektif apabila madu palsu telah dicampur dengan karamel, sehingga tetap kental dan tidak menyebabkan kertas bolong.

Itu adalah cara tercepat mengetahui madu asli dan campuran dengan mudah yang bisa kami berikan untuk anda. Sekali lagi, karena ini cara tercepat dan mudah maka cara-cara yang disarankan adalah cara-cara yang sederhana yang bisa dipraktikkan sendiri. Makan dari itu, selamat mencoba sendiri ya.