Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Berdasarkan Sifat dan Ciri-Cirinya

Cairan yang diproduksi oleh lebah ini adalah kesukaan semua orang. Rasanya yang manis adalah daya tarik utama dari cairan ini. Rasa madu asli yang manis itulah yang menyebabkan semua orang menyukai madu. Sudah tak perlu lagi berbohong, anda pun pasti termasuk dalam penggemar madu yang rasanya manis ini. Karena menjadi komoditas favorit, tentu bila dijual pasti akan menguntungkan sekali. Tetapi anda harus berhati-hati sebelum membeli madu. Banyak juga pedagang nakal yang menjual madu palsu. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan kami berikan cara membedakan madu asli dan palsu, supaya anda bisa membeli madu yang original. Yuk kita lihat sama-sama.

Apa Itu Madu?

Para pembaca, tahukah anda apa itu madu? Madu adalah cairan berupa sirup kental dan memiliki rasanya manis. Madu diproduksi oleh lebah dan serangga lain dari nektar bunga yang dihisap. Rasa manis yang dimiliki oleh madu disebabkan oleh unsur fruktosa dan glukosa yang manisnya sama dengan gula tebu.

Cara lebah memproduksi madu yaitu nektar bunga dihisap oleh lebah, kemudian dibawa ke sarangnya. Di dalam sarang, nektar dikeluarkan dari perut lebah dan dikunyah oleh lebah yang berada di dalam sarang. Setelah dikunyah baru disimpan di bagian tertentu pada sarang dan dibiarkan berfermentasi. Kemudian jadilah madu.

Manfaat Mengonsumsi Madu

Madu ini diketahui memiliki banyak manfaat, apalagi jika itu madu hutan asli. Madu hutan asli memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi madu yaitu:

· Meningkatkan kesehatan jasmani
· Kesehatan dan kecantikan kulit
· Pengawet makanan
· Mengobati infeksi

Bahaya Madu Palsu

Kita telah mengetahui manfaat besar dari madu untuk kesehatan. Kemudian kita juga telah mengetahui fakta menyedihkan bahwa tidak semua madu yang dijual adalah asli. Lalu timbul pertanyaan, apa memang madu palsu itu sangat berbahaya? Bahaya dari madu palsu itu sendiri adalah:

· Gangguan pada pencernaan
· Menyebabkan diabetes
· Meningkatkan resiko penyakit ginjal dan kanker

Cara Jitu Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun apabila madu itu palsu, maka tidak akan ada khasiat yang berarti dari madu tersebut. Anda harus memahami cara membedakan madu asli dan palsu, supaya anda tidak salah membeli. Tapi jangan khawatir, cara jitunya ada di bawah sini. Yuk dilihat sama-sama.

· Mencampurkan Dengan Air
Ini adalah salah satu cara untuk mengetes madu apakah itu asli atau palsu yang termudah. Cara mengetesnya cukup sederhana, anda tinggal menyiapkan segelas air mineral di gelas kaca. Kemudian anda masukkan madu ke dalamnya dan diaduk hingga merata. Setelah diaduk, madu asli biasanya tidak akan larut seutuhnya karena madu asli sulit untuk larut dalam air.
· Tes Semut
Cara ini adalah alternatif lain untuk mengetahui madu asli atau palsu. Dengan menggunakan bantuan semut, anda dapat mengetahui keaslian madu. Semut akan menolak menyerubungi pada madu yang asli, sedangkan pada yang palsu semut justru sangat menyukainya.
· Tes Dengan Kertas
Anda dapat mengetahui keaslian madu dengan menggunakan kertas. Caranya sangat mudah, anda tinggal menuangkan satu sendok teh madu ke kertas. Lalu ditunggu selama 5 menit. Hasilnya adalah bahwa madu asli tidak akan menyebabkan kertas bolong atau sobek karena kandungan airnya sedikit. Sedangkan madu palsu akan merusak kertas tersebut.

Mudah sekali ternyata cara membedakan madu asli dan palsu. Tinggal anda menghafalkan dan mempraktikkannya agar tidak lupa. Kami selalu menyediakan madu asli dari lebah hutan yang khasiatnya tidak perlu diragukan lagi. Jadi, jangan lupa pilihlah madu kami yang keaslian dan kualitasnya adalah yang terbaik.